This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Wednesday, July 20, 2022

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase E (Kelas X)

Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA/MA/Program Paket C)

Pada akhir Fase E, dalam elemen Al-Qur’an dan Hadis, peserta  didik mampu menganalisis ayat Al-Qur’an dan Hadits tentang  perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta  larangan pergaulan bebas dan zina; dapat membaca Al-Qur’an  dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an  serta Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan  dan etos kerja serta bahaya dari pergaulan bebas dan zina; dapat  menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk  berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan  pergaulan bebas dan zina; meyakini bahwa sikap kompetitif dalam  kebaikan dan etos kerja serta menghindari pergaulan bebas dan  perbuatan zina adalah perintah agama; dan membiasakan sikap  kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja serta menghindari  pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan lebih berhati-hati dan  menjaga kehormatan diri.

Dalam elemen aqidah, peserta didik menganalisis makna syuab al īmān (cabang-cabang iman), pengertian, dalil, macam dan  manfaatnya; mempresentasikan makna syuab al-īmān (cabang cabang iman), pengertian, dalil, macam dan manfaatnya; meyakini  bahwa dalam iman terdapat banyak cabang-cabangnya; serta  menerapkan beberapa sikap dan karakter sebagai cerminan cabang  iman dalam kehidupan. 

Dari elemen akhlak, peserta didik menganalisis manfaat  menghindari akhlak mażmūmah; membuat karya yang  mengandung konten manfaat menghindari sikap mażmūmah;  meyakini bahwa akhlak mażmūmah adalah larangan dan akhlak  mahmūdah adalah perintah agama; serta membiasakan diri untuk  menghindari akhlak mażmūmah dan menampilkan akhlak  mahmūdah dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam elemen fikih, peserta didik mampu menganalisis  implementasi fikih muāmalah dan al-kulliyyāt al-khamsah (lima  prinsip dasar hukum Islam; menyajikan paparan tentang fikih  muāmalah dan al-kulliyyāt al-khamsah meyakini bahwa ketentuan  fikih muāmalah dan al-kulliyyāt al-khamsah adalah ajaran agama;  serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kepedulian, dan  kepekaan sosial. 

Dalam elemen sejarah peradaban Islam, peserta didik mampu  menganalisis sejarah dan peran tokoh ulama penyebar ajaran Islam  di Indonesia; dapat membuat bagan timeline sejarah tokoh ulama  penyebar ajaran Islam di Indonesia dan memaparkannya; meyakini  bahwa perkembangan peradaban di Indonesia adalah sunatullah  dan metode dakwah yang santun, moderat, bi al-ikmah wa al mau‘iat al-asanah adalah perintah Allah SWT; membiasakan  sikap kesederhanaan dan kesungguhan mencari ilmu, tekun,  damai, serta semangat menghargai adat istiadat dan perbedaan  keyakinan orang lain.

Fase E Berdasarkan Elemen

Elemen

Capaian Pembelajaran

Al-Qur’an dan Hadis

Peserta didik mampu menganalisis ayat Al Qur’an dan hadis tentang perintah untuk  berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja

 

serta larangan pergaulan bebas dan zina; dapat  membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghafal  dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an serta  Hadis tentang perintah untuk berkompetisi  dalam kebaikan dan etos kerja serta bahaya  dari pergaulan bebas dan zina; dapat  menyajikan konten dan paparan tentang  perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan  dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas  dan zina; meyakini bahwa sikap kompetitif  dalam kebaikan dan etos kerja serta  menghindari pergaulan bebas dan perbuatan  zina adalah perintah agama; dan  membiasakan sikap kompetitif dalam kebaikan  dan etos kerja serta menghindari pergaulan  bebas dan perbuatan zina dengan lebih berhati hati dan menjaga kehormatan diri.

Aqidah

Peserta didik menganalisis makna syuab al īmān (cabang-cabang iman), pengertian, dalil,  macam dan manfaatnya; mempresentasikan  makna syuab al-īmān (cabang-cabang iman),  pengertian, dalil, macam dan manfaatnya;  meyakini bahwa dalam iman terdapat banyak  cabang-cabangnya; serta menerapkan  beberapa sikap dan karakter sebagai cerminan  cabang iman dalam kehidupan.

Akhlak

Peserta didik menganalisis manfaat  menghindari akhlak mażmūmah; membuat  karya yang mengandung konten manfaat  menghindari sikap mażmūmah; meyakini  bahwa akhlak mażmūmah adalah larangan dan  akhlak mamūdah adalah perintah agama;  serta membiasakan diri untuk menghindari  akhlak mażmūmah dan menampilkan akhlak

mamūdah dalam kehidupan sehari-hari.

Fikih

Peserta didik mampu menganalisis  implementasi fikih muāmalah dan al-kulliyyāt  al-khamsah (lima prinsip dasar hukum Islam;  menyajikan paparan tentang fikih muāmalah

dan al-kulliyyāt al-khamsah meyakini bahwa  ketentuan fikih muāmalah dan al-kulliyyāt al khamsah adalah ajaran agama; serta  menumbuhkan jiwa kewirausahaan,  kepedulian, dan kepekaan sosial.

Sejarah Peradaban  Islam

Peserta didik mampu menganalisis sejarah dan  peran tokoh ulama penyebar ajaran Islam di  Indonesia; dapat membuat bagan timeline sejarah tokoh ulama penyebar ajaran Islam di  Indonesia dan memaparkannya; meyakini  bahwa perkembangan peradaban di Indonesia  adalah sunatullah dan metode dakwah yang  santun, moderat, bi al-ikmah wa al-mau‘iat al asanah adalah perintah Allah Swt.;  membiasakan sikap kesederhanaan dan  kesungguhan mencari ilmu, tekun, damai,

 

serta semangat menghargai adat istiadat dan  perbedaan keyakinan orang lain.