Pada akhir fase E (Kelas X), peserta didik dapat menggeneralisasi sifat- sifat operasi bilangan berpangkat (eksponen), serta menggunakan barisan dan deret (aritmetika dan geometri) dalam bunga tunggal dan bunga majemuk. Mereka dapat menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel, sistem pertidaksamaan linear dua variabel, persamaan dan fungsi kuadrat dan persamaan dan fungsi eksponensial dalam menyelesaikan masalah. Mereka dapat menentukan perbandingan trigonometri dan memecahkan masalah yang melibatkan segitiga siku-siku. Mereka juga dapat menginterpretasi dan membandingkan himpunan data berdasarkan distribusi data, menggunakan diagram pencar untuk menyelidiki hubungan data numerik, dan mengevaluasi laporan berbasis statistika. Mereka dapat menjelaskan peluang dan menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk, dan konsep dari kejadian saling bebas dan saling lepas.
Fase E Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Bilangan |
Di akhir fase E,
peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri,
termasuk masalah yang terkait
bunga tunggal dan bunga majemuk. |
Aljabar
and Fungsi |
Di akhir
fase E, peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka
dapat menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), dan persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial. |
Pengukuran |
- |
Geometri |
Di akhir
fase E, peserta
didik dapat menyelesaikan permasalahan segitiga siku-siku yang melibatkan perbandingan trigonometri dan aplikasinya. |
Analisis
Data dan Peluang |
Di akhir
fase E, peserta didik dapat merepresentasikan dan menginterpretasi data dengan cara
menentukan jangkauan kuartil
dan interkuartil. Mereka
dapat membuat dan menginterpretasi box plot (box-and- whisker
plot) dan menggunakannya untuk membandingkan himpunan data. Mereka dapat
menggunakan dari box plot, histogram dan dot plot sesuai
dengan natur data dan kebutuhan. Mereka dapat menggunakan diagram pencar untuk
menyelidiki dan menjelaskan hubungan antara dua variabel numerik
(termasuk salah satunya
variabel bebas berupa
waktu). Mereka dapat
mengevaluasi laporan statistika di media berdasarkan tampilan, statistika dan representasi data. Peserta didik
dapat menjelaskan peluang
dan menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk. Mereka menyelidiki konsep dari kejadian saling bebas dan saling lepas,
dan menentukan peluangnya. |
0 komentar:
Post a Comment