Fase E, Umumnya untuk Kelas X (SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan
dan visual dalam bahasa Inggris
untuk berkomunikasi sesuai
dengan situasi, tujuan,
dan pemirsa/pembacanya. Berbagai
jenis teks seperti
narasi, deskripsi, prosedur,
eksposisi, recount, report,
dan teks otentik
menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan dan berdiskusi mengenai topik yang dekat
dengan keseharian mereka
atau isu yang
hangat sesuai usia peserta didik di fase ini. Mereka
membaca teks tulisan
untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi,
dalam bahasa Inggris
mulai berkembang. Peserta
didik memproduksi teks tulisan dan visual yang lebih beragam,
dengan kesadaran terhadap
tujuan dan target pembaca.
Elemen Menyimak – Berbicara |
Pada akhir Fase E, peserta
didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan
guru, teman sebaya
dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka
menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan
strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka
memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan
dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat
dengan kehidupan pemuda.
Mereka menggunakan bahasa
Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat
dengan kehidupan pemuda
dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat
perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara
untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.
By the end of Phase E, students use English to communicate with
teachers, peers and others in a
range of settings and for a range of purposes. They use and respond to questions and use strategies to initiate
and sustain conversations and discussion. They understand and identify the
main ideas and relevant
details of discussions or presentations on youth-related topics. They use English to express
opinions on youth-related
issues and to discuss youth-related interests.
They give and make comparisons. They use non-verbal elements such as gestures, speed
and pitch to be understood in some contexts. |
Elemen Membaca – Memirsa |
Pada akhir
Fase E, peserta
didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka
membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk
mendapatkan informasi. Mereka
mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis
teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu
atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai
berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.
By the end of Phase E, students read and respond
to a variety of texts, such as narratives, descriptions, procedures, expositions, recount
and report. They read to learn or to find
information. They locate and evaluate specific
details and main ideas of a variety of texts. These texts may be in the form print or digital texts,
including visual, multimodal or interactive
texts. They are developing understanding of main ideas, issues
or plot development in a variety of texts. They
identify the author’s purposes and are
developing simple inferential skills to help them understand implied information from the texts. |
Elemen Menulis – Mempresentasikan |
Pada akhir Fase
E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta
didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan
menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan
menunjukkan strategi koreksi
diri, termasuk tanda
baca dan huruf
besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata
dan kata kerja
umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.
By the end of phase E, students write a variety
of fiction and non-fiction texts, through guided activities, showing an awareness
of purpose and audience. They plan,
write, review and redraft a range of text types with some evidence of self-correction strategies, including punctuation and capitalization.
They express ideas and use common/daily vocabulary and verbs in their writing. They present information using
different modes of presentation to
suit different audiences and to achieve different purposes, in print and digital forms. |
0 komentar:
Post a Comment