Fase F+ (Sebagai pilihan untuk kelas XI dan XII)
Pada akhir fase F+, peserta didik dapat menyelesaikan
masalah terkait polinomial, melakukan
operasi aljabar pada matriks dan menerapkannya dalam transformasi geometri.
Mereka dapat menyatakan vektor pada bidang datar, melakukan operasi
aljabar pada vektor dan
menggunakan-nya pada pembuktian geometris. Mereka
dapat mengenal berbagai
fungsi dan menggunakannya untuk memodelkan fenomena,
serta menyatakan sifat-sifat geometri dengan persamaan pada sistem koordinat. Mereka dapat mengevaluasi
hasil keputusan dengan menggunakan
distribusi peluang dengan menghitung nilai yang diharapkan, dan juga dapat menerapkan konsep dasar kalkulus di dalam konteks pemecahan masalah
aplikasi dalam berbagai bidang.
Fase F+ Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Bilangan |
- |
Aljabar dan Fungsi |
Di akhir fase F+,
peserta didik dapat melakukan operasi aritmetika
pada polinomial (suku banyak), menentukan faktor
polinomial, dan
menggunakan identitas polinomial untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik
dapat melakukan operasi
aljabar pada matriks
dan menerapkannya dalam
transformasi geometri. Peserta didik
dapat menyatakan fungsi
trigonometri menggunakan
lingkaran satuan, memodelkan fenomena periodik
dengan fungsi trigonometri, dan membuktikan
serta menerapkan identitas trigonometri dan aturan
cosinus dan sinus. Peserta didik
dapat mengenal berbagai fungsi (termasuk
fungsi rasional, fungsi akar, fungsi eksponensial, fungsi logaritma, fungsi nilai mutlak, fungsi
tangga dan fungsi piecewise) dan menggunakannya untuk
memodelkan berbagai
fenomena. |
Pengukuran |
- |
Geometri |
Di akhir fase F+,
peserta didik dapat menyatakan vektor pada
bidang datar, dan melakukan operasi aljabar pada vektor. Mereka dapat melakukan pembuktian geometris menggunakan vektor. Peserta didik
dapat menyatakan sifat-sifat geometri dari
persamaan lingkaran, elips
dan persamaan garis
singgung. |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Analisa
Data dan Peluang |
Di akhir
fase F+, peserta
didik memahami variabel diskrit acak dan fungsi peluang, dan menggunakannya dalam
memodelkan data. Mereka
dapat menginterpretasi parameter distribusi data secara
statistik (seragam, binomial dan normal), menghitung nilai harapan distribusi binomial dan normal,
dan menggunakannya dalam
penyelesaian masalah. |
Kalkulus |
Di akhir
fase F+, peserta
didik dapat memahami laju perubahan dan laju perubahan rata-rata, serta laju
perubahan sesaat sebagai
konsep kunci derivatif (turunan), baik
secara geometris maupun
aljabar. Mereka dapat
menentukan turunan dari fungsi polinomial, eksponensial, dan trigonometri, dan menerapkan derivatif (turunan) untuk membuat
sketsa kurva, menghitung gradien dan menentukan
persamaan garis singgung, menentukan kecepatan sesaat dan
menyelesaikan soal optimasi. Mereka dapat memahami integral, baik sebagai proses yang
merupakan kebalikan dari derivatif (turunan) dan juga sebagai
cara menghitung luas. Mereka memahami teorema dasar
kalkulus sebagai penghubung antara
derivatif (turunan) dan integral. |
0 komentar:
Post a Comment