Tuesday, July 2, 2019

Mempertahankan Gaji Ke-13 dan ke-14, Serta Sinyal Kenaikan Gaji PNS Tahun 2020

Kerja sebagai PNS masih merupakan pilihan bagi banyak orang di Indonesia. Menjadi PNS merupakan sebuah karir primadona yang ditunggu-tunggu, entah oleh fresh graduate maupun para karyawan swasta yang juga ingin mengadu nasib sebagai abdi negara. Hal ini terlihat dari membanjirnya peminat yang melamar setiap kali lowongan atau rekrutmen CPNS dibuka oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Selain terjamin masa tuanya ketika pensiun, gaji dan tunjangan kinerja yang besar merupakan daya tarik bagi fresh graduate atau karyawan swasta yang melamar menjadi PNS. Bagaimana tidak, lihat saja tunjangan kinerja PNS Pemprov DKI yang sangat besar. Namun, memang tidak semua pemerintah daerah menerapkan tunjangan kinerja yang sama besar, karena APBD masing masing pemda berbeda. Apalagi, ada kemungkinan gaji PNS dinaikan setiap tahun apabila kondisi keuangan negara dalam kondisi baik dan pertumbuhan ekonomi meningkat serta, tentu saja, apabila adanya kebijakan pemerintah untuk terus meningkatkan kesejahteraan para aparatur sipil negara atau ASN, seperti halnya pada tahun 2019 ini, pemerintah menaikan gaji PNS sebesar 5%.



Nah, pada tahun 2020, ada sinyal bagus buat para PNS. Apa itu sinyal bagusnya? Selain mempertahankan gaji ke-13 dan gaji ke-14 atau lebih dikenal dengan THR, sebagaimana dilansir dari https://finance.detik.com/, pemerintah lewat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan sinyal untuk menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) di 2020 atau tahun depan, saat menggelar rapat penyusunan Pagu Anggaran Kementerian dan Lembaga (KL) di 2020 bersama Badan Anggaran DPR.

Direktur Jendral Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menyampaikan tentang kebijakan belanja pegawai di 2020. Askolani mengatakan bahwa ada 4 hal yang akan dilakukan pemerintah, antara lain mempertahankan kebijakan penggajian yang sudah ada termasuk gaji ke-13 dan THR untuk PNS.

Askolani juga mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara atau ASN menjadi lebih baik. Hal itu penting, agar kualitas pelayanan ke masyarakat juga meningkat. Untuk dapat menunjang semua itu, maka pemerintah juga terus berupaya meningkatkan kualitas kesejahteraan para PNS. Dalam hal ini, tentu saja, yaitu peningkatan penghasilan PNS serta pensiunan PNS.

Mudah-mudahan terwujud.

Demikianlah, info yang bisa admin www.menjadigurusejahtera.blogspot.com berikan. Tulisan ini dirangkum dari berbagai sumber.


2 comments:

  1. keren nih artikelnya. Ngomongin gaji, pernah kepikiran ga sih kalo udah naik gaji gitu kita harus ngapain lagi?
    Ada referensi nih buat temen-temen supaya kenaikan gajinya ga sia2..
    agar kenaikan gaji tak sia sia

    ReplyDelete