Saturday, December 13, 2008

MENULIS BLOG, MENAMBAH PENGHASILAN (2)

Sekarang anda sudah memiliki blog. Saatnya anda mengisi blog dengan artikel-artikel yang anda tulis sendiri atau artikel-artikel yang bisa anda dapatkan secara gratis di internet (ingat! Anda harus mencantumkan sumber artikel agar tidak dituduh plagiator). Isi blog anda dengan banyak artikel. Karena, menurut Taufik Hidayat dalam bukunya yang berjudul “Langkah Mudah Meraup Dollar Lewat Internet”, Google loves content.

Tulislah artikel-artikel blog anda dengan bahasa Inggris. Blog yang berisi artikel-artikel berbahasa Inggris memiliki probabilitas lebih besar untuk disetujui AdSense. Kalau anda tidak bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris, jangan khawatir, karena banyak artikel berbahasa Inggris yang bisa anda dapatkan di internet secara gratis. Kunjungi saja situs www.articlebase.com, www.articlecity.com atau www.menjadigurusejahtera.blogspot.com. Tapi ingat! Anda harus mencantumkan nama sumber atau nama pengarangnya.

Ingat! Menulis blog berarti menambah penghasilan.
Caranya mudah! Daftarkan blog yang anda miliki ke google AdSense. Apa itu AdSense? menurut Taufik Hidayat dalam bukunya yang berjudul “Langkah Mudah Meraup Dollar Lewat Internet”, AdSense adalah iklan dari advertiser yang juga bisa muncul di halaman-halaman web atau blog selain terpampang di halaman pencarian google. Dengan AdSense, pemilik halaman yang mau menyisahkan sedikit ruang di halaman blog atau web akan mendapatkan imbalan dari advertiser (dengan perantara google) atas jasanya dalam menempatkan iklan-iklan tersebut (jika iklan-iklan tersebut di klik oleh pengunjung web atau blog.

Lalu, bagaimana cara mendaftar AdSense?

Gampang! Menurut Assep Purna Mulyanto dalam bukunya yang berjudul “Go! Blog, ada beberapa langkah untuk mendaftar AdSense.
Pertama, buka www.google.com. Kalau yang keluar adalah situs Google versi bahasa Indonesia, klik english di bawah kotak pencarian untuk mengubah situs ke bahasa Inggris.
Selanjutnya, pilih advertising programs.
Kemudian klik Google AdSense.
Klik tombol sign up now.
Isikan data-data yang diminta sebagai berikut:
Website Information
Website URL : tulis URL blog anda
Website Language : pilih bahasa utama yang digunakan pada blog anda.
Contac Information
Account Type : pilih individual atau bisnis.
Country or territory : Indonesia.
Payee name : tuliskan nama lengkap anda.
Street Address : tuliskan alamat lengkap anda.
City/Town : tuliskan nama kota anda.
State : tuliskan nama propinsi dimana anda tinggal.
Postal Code : Tuliskan kode pos rumah anda.
Telephone numbers
Phone : tuliskan nomor telephone anda.
Jika sudah terisi semua, klik submit information.
Setelah itu Google akan mengirimkan email berisi status pendaftaran anda. Tunggulah kurang lebih 5 hari setelah pendaftaran dan bukalah Email anda.
Apabila pendaftaran AdSense anda disetujui, maka blog anda sudah bisa menghasilkan penghasilan tambahan.
Selamat mencoba!
(Ahmad Ripai, dari berbagai sumber, antara lain : ‘Langkah Mudah Meraup Dollar Lewat Internet’ karangan Taufik Hidayat, ‘Go! Blog’, karangan Assep Purna Mulyanto.)

0 komentar:

Post a Comment