Monday, August 12, 2019

Melatih Konsistensi Menulis


Menurut ustadz Cahyadi di video materi 7, penulis pemula sering mengalami ketidakkonsistenan dalam menulis.



Beliau menyampaikan solusi bagaimana supaya bisa konsisten menulis, yaitu:

1.       Milikilah waktu khusus

Setiap hari ada 24 jam. Siapa pun orangnya, dia memiliki waktu 24 jam. Dari 24 jam itu, sebagai seorang calon penulis, kita harus memiliki waktu khusus untuk menulis. Berapa menit saja. 30 menit, 1 jam atau mungkin 2 jam. Sore, malam, tengah malam, atau setelah sholat subuh. Kapan saja. Yang penting kita merasa nyaman untuk memulai aktivitas menulis. Yang penting miliki waktu khusus untuk menulis dalam sehari.

2.       Milikilah tempat khusus

Ketika kita sudah memiliki waktu khusus untuk menulis, langkah berikutnya adalah mencari tempat khusus atau tertentu untuk menulis. Tempat khusus tersebut harus tempat yang nyaman buat kita untuk menulis.

3.       Milikilah sarana buat menulis

Menulis itu bisa menggunakan sarana yang beraneka ragam. Sarana tersebut bisa berupa computer, laptop dan sebagainya. Tapi usahakan sarana khusus tersebut memang buat menulis. Misalnya kita memiliki laptop atau computer yang khusus buat menulis, jadi ketika kita melihat computer atau laptop tersebut, kita tergerak untuk segera menulis.

4.       Milikilah tujuan khusus

Untuk menjaga konsistensi menulis, kita harus memiliki tujuan khusus kenapa kita menulis. Tujuan khusus itu apa? Ustadz Cahyadi memberi contoh dari pengalamannya sendiri bahwa tujuan khusus beliau menulis adalah berbagi tentang berbagai macam hal tentang rumah tangga. Kenapa tujuan khusus beliau seperti itu? Karena hal tersebut merupakan dunia keseharian ustadz Cahyadi.

5.       Memaksa diri untuk menulis

Langkah terakhir untuk menjaga konsitensi menulis adalah memaksa diri untuk menulis. Dengan memiliki waktu khusus, tempat khusus, sarana khusus, dan tujuan khusus untuk menulis, kita harus memaksa diri kita untuk menulis.

0 komentar:

Post a Comment